Review Blackberry 8530 Aries

baru sempet posting lagi, gara2 sibuk skripsi sama sibuk gawe, langsung ke review gadget aja yaa πŸ˜€

 

hmmm laptop udah, modem udah, apa lagi nih yang mesti di review? bb aja dah..

 

Blackberry aries 8530

penampakan :

blackberry 8530

pertama2, gw mw ucapin sesuatu :

blackberry ini udah lama banget keluarnya, tapi gpp dong kalo gw review lagi?

spec :

Dimensi dan berat

10,9 x 6 x 1,3 cm dan 106 gram

Layar
Transmissive TFT, 65.000 warna

Ukuran layar
2,4 inci, 320 x 240 piksel
– QWERTY keyboard
– Touch-sensitive optical trackpad

Memori
256MB (ROM)
microSD up to 32GB

Konektivitas

CDMA 1x
CDMA EVDO Rev. A up to 3,1 Mbps
Wi-Fi 802.11 b/g
Bluetooth v2.1
microUSB v2.1

Kamera
2 MP, 1600 x 1200 piksel

Operation System (OS)
BlackBerry OS 5.0

CPU
528 MHz processor

Fitur

– BlackBerry maps
– MP3/eAAC+/WMA/WAV player
– MP4/H.263/H.264/WMV player
– Organizer
– Document viewer
– Voice memo/dial/commands
– Predictive text input
– A-GPS support

Baterai
Li-ion 1150 mAh
Hingga 252 jam (standby)
Hingga 4 jam 30 menit (talktime)

 

Performa

untuk segi performa, blackberry emang kalah jauh ketimbang android, bisa dibilang respon dari BB ini agak lambat, apalagi jika diisi tema, akan tambah berasa ngelagnya pas di menu. emang sih gw beli BB ini buat bbm an doang, tapi apa salahnya mengharapkan performa bagus ketika akan membeli gadget yang satu ini? buat yang mau beli gadget yang satu ini jangan berharap banyak ya πŸ˜€

masih dalam topik performa, baterai bb aries ini SANGAT AMAT BOROS!! jadi yang biasa megang hape batere bisa tahan 3-5 hari, pake bb ini jangan harap πŸ˜€

Media

  • kamera

hmmm, untuk kamera sepertinya udah standar kamera hp 2 mega pixel, begitu juga di bb ini, 2 mp piksel cukup lah buat foto2 untuk jadi display picture / profile picture bbm ato fb :p

bb aries ini kamera nya juga bisa dipake ngerekam lho (ya iyalah mpret!) cuman hasilnya… ah sudahlah…

  • music player

music player jujur aja gw jarang pake, soalnya ga pernah naro musik di bb, cuman dari beberapa lagu yang ada di bb secara default, kualitas suaranya juga cukup jernih

 

Konektivitas

bb aries ini dilengkapi wifi, bluetooth, micro sd, micro usb sama konektivitas jaringan evdo rev a, bahas 1-1 yuk

  • bluetooth

kyaknya hape jaman sekarang kurang sreg kalo ga isi bluetooth, bahkan hp gvon yang gw beli seharga 99 ribu aja isi bluetooh :p

cuman bluetooth di BB ini kesannya… gimana yah bilangnya? RIBET. nah itu kata yang pas, tiap mo ngirim file mesti di set manual receive dulu, iya kalo gw ngirim 1 file doang kalo banyak? pegel dah tu tangan

  • wifi

yah fitur wifi di bb emang perlu, terutama buat orang2 kaya gw yang ga punya banyak dana buat beli paket full service, alhasil kalo mo browsing mesti pake wifi deh

  • micro sd

buat nyimpen foto, video, lagu dll, internal memory ceiprit, jadi mau gak mau mesti beli micro sd. up to 32 gb, tapi yang gw pake 2 gb aja ga abis2 πŸ˜€

  • micro usb

salah satu yang gw demen di hp-hp jaman sekarang, slot micro usb. kenapa? karena slot micro usb ini memudahkan gw untuk minjem charger dari hape lain, mau itu samsung, sony ericsson atau bb sendiri. nokia jarang2 ngeluarin micro usb charger.

  • evdo rev a

nah ini dia yang paling gw demen di hp ini, koneksi EVDO rev A up to 3,1 mbps, buat hp speed segitu bener2 kenceng, ga dapet full pun masih berasa kenceng pas browsing.

Fitur

Fitur2 bb aries ini kebanyakan udah gw sebutin semua diatas, kecuali transmissive TFT LCD yang bereaksi dengan keadaan cahaya ruangan, terus optical trackpad yang lumayan gampang buat make bb, terus ada GPS yang asik dipake buat forusquare-an. gw ga tau kenapa bb maps di bb gw ga bisa jalan.

Provider

provider yang ngeluarin bb ini di indonesia setau gw cuman ada 2, smartfren dan esia/aha

dari keduanya, esia/aha memberikan pake full service untuk bb, harganya juga lumayan lah, 99 rb/bulan.

smartfren punya banyak paket, dari mail, social, simple, hemat, terakhir hebat. paket mail & social keduanya berharga 44 ribu termasuk pajak, paket yang murah kalo cuman pingin bbm + email / bbm + fb,twit,dll

Interaktivitas

interaktivitas disini yang gw maksud adalah user friendly, kalo dibandingkan sama android ato symbian, bb ini kurang user friendly, warna default kurang cerah, emang sih bb ditujukan buat pebisnis, tapi setidaknya buat yang enak dipandang dikit gitu…

selain ke user friendly an, navigasi menu, cukup mudah, terutama untuk chat, bb emang gw acungi jempol dah.

Market

blackberry app world? it’s SHIT! downloadnya super-duper lemot! meskipun pake rev a, ato share wifi rev b sekalipun, entah kenapa RIM ga benerin marketnya.

soal software gratis? checkmate, android software gratis sangat amat banyak, bb? HA HA HA

Fisik

nah sebelum ke harga, lanjut ke fisik dari hp ini, hp ini agak bulet, yang gw agak kurang sreg itu adalah BUILD QUALITY dari bb ini, sampah abis. belom setaun aja ini bb udah banyak masalah, dari yang paling umum yaitu : sym key stuck, ga bisa scrolling, ga bisa ngetik. gara2 masalah itu sampe harus ganti casing, body karetnya, sama membran keyboardnya, ampun daaaahhh.

posisi tombol unlock yang ada di atas itu menurut gw sangat amat ga pas, apalagi pas masukin ke kantong celana tombol itu sering keteken terus pas nyadar, di layar bb udah keketik “aaaaaaaaaaaaassssppppppppp************#########” keren banget deh yang nge desain fisik hp ini.

Harga

yah setelah apa yang gw jelasin di atas, gw kurang merekomendasikan untuk beli bb aries, tapi berhubung harganya tergolong murah buat bb, ~700 ribu an aja, apa salahnya beli bb ini? cukup murah buat beli bb n kontak temen2 via bbm. mau apalagi, Indonesia is a Blackberry country… disaat negara lain udah ninggalin bb, kita masih keranjingan.

 

akhir kata, mau beli bb ini ato gak itu terserah kalian, yang jelas dari opini gw sebagai owner gadget ini udah gw jelasin di atas.

enjoy the reading, and feel free to comment guys πŸ˜€

12 comments on “Review Blackberry 8530 Aries

  1. bro, sama nih, masa baru dapet beberapa bulan dan hampir ga pernah dipake, baterenya udah ngdrop???? sekarang malah udah gak bisa bangun lagi nih? kok bisa ngedrop begini ya padahal gak pernah dibuat nelpon, sms,bbm, dll kecuali sesekali foto2an, ada solusi ga ya bro?

  2. HAHAHA…… stuju banget sama tulisan mas brow, saya juga pegang hp ANDROID juga BLACKBERRY plus hp lokal merek maxtron dual ON. sbenere saya beli BB ini karena rata2 kenalan dan temen2 di kantor pd pake BB, soale klo ktemu yg di tanya PIN bukanya no hp. ini pun saya beli BB aries second Rp 400 ribu, kok murah??? iya lah batangan. cuma BB ama cargernya doank itupun itu cargernya gak asli…saya pilih beli second biar klo di jual lagi gak terlalu amat ruginya hehehe…..dulu saya beli android saya gak pake belajar, masuk ke menu pencet sana pencet sini langsung ngerti tp pake BB saya masih harus belajar 1 hari dulu, itupun di bantu pake acara tanya2 temen kantor. dapat 2 hari baru dech saya ngerti semua seluk beluknya BB. perbedaan ANDROID dan BB emang juuaauuhhh……. android menang di multi media BB menang di sosial media. menurut saya yg paling mencolok prbedaanya adalah saat kita pengen dowload nambah aplikasi. BB begitu ribetnya mau masuk APP WORLD kita harus punya akun dulu baru bisa masuk dan download, ya klo kita beli BBnya baru enak datanya masih kosong…. lha klo kita beli BBnya bekas kayak saya….. mau daftar akun aja susah…. sudah saya masuk kan email dan pasword saya, tetep aja gak bisa, yg nongol tetep akun nya yg punya BB dulu… terpaksa dech saya RESET BB ku kembali seperti awal dari pabrik biarpun semua datanya hilang… itupun harus buka internet dulu tanya mbah google gimana cara me reset BB. untung waktu itu BBku baru 3 hari datanya masih belom banyak. heeemmm capek dech harus ngetik satu per satu nama, nomor kontak, dan invite teman…. stelah saya reset barulah BB bisa masuk APP WORLD. seneeeeng….rasanya bisa masuk trus download, tapi ternyata aplikasinya gak banyak dan beragam, saya nyari aplikasi mp3 player yg bisa muter lagu per folder aja gak nemu smpai sekarang…. ya klo di dalam memori kita cuma ada 10, 20 lagu…lha klo lagu kita ratusan?? pegel jempol kita buat milih lagu dan bikin play list. masih kalah sama symbian OS nya nokia jaman dahulu aplikasinya lebih komplet…. yg bikin kcewa lg aplikasi nya bnyak yg bayar drpd yg Gratis, tulisanya sih gratis tp stelah di buka ujung2nya di suruh beli yg PRO. sampe skarang males instal app di BB. dah bisa BBMan aja cukup. beda sama ANDROID aplikasinya banyak yg free juga banyak yg bayar… tp yg bayar di android masih bisa di akalin supaya jadi PRO/gratis….

    • idupin wifi bb, set up wifi network, scan for networks begitu dapet tinggal klik tengah. nanti bb nya connecting… terus ada dialog kasi nama sama ditanya profil ini disimpen nggak? kalo ada key pasti disuru masukin key nya juga.

      abis itu duah deh tinggal browsing πŸ˜€

Leave a comment