Tutorial : Asus A43SA VGA/GPU Driver Update

halo lagi, kali ini gw mo posting soal update driver VGA AMD Radeon HD 6730M di laptop Asus A43SA gw, setelah kemaren gw ngasi tutorial soal soundblaster, sekarang soal VGA.

gw rasa membahas soal update driver VGA ini perlu banget, apalagi gw seorang gamer perlu performa grafis yang prima. itu ga bisa didapat dari driver vga bawaan pabrik aja.

ATTENTION!!!

berhubung Asus A43SA gw rusak, jadi gw ga bisa ngetes driver2 terbaru dll. ke belakangnya mungkin gw masih bisa jawab pertanyaan yang berhubungan sama vga update, tapi ga bisa ngetes langsung.

terlebih gw dah punya laptop baru n pindah haluan ke Nvidia 😀 hahaay

 

oke? let’s start!

yang dibutuhkan :

Driver VGA dari web Asus buat backup : http://id.asus.com/Notebooks/Versatile_Performance/A43SA/#download

Driver Sweeper buat membersihkan sampai sudut terakhir #eh : http://www.indowebster.com/drivsweep_205_final.html

CCleaner : http://www.filehippo.com/download_ccleaner/

Driver AMD terbaru (saat tulisan dibuat, versi terbaru adalah 12.8) :

ATTENTION!!!

banyak web yang menyarankan untuk menggunakan driver atuodetect ini : http://support.amd.com/us/gpudownload/windows/Pages/radeonmob_win7-64.aspx

semenjak beli laptop ini sampe tadi pake itu ga berhasil n selalu keluar dialog box kaya gini :

catalyst update error

kenapa? meskipun ditempatkan untuk radeon mobile, entah kenapa driver autodetect ini tidak bisa mendeteksi VGA Radeon HD 6730M, mungkin karena sudah di modif oleh asus… IDK.

karena itu jangan gunakan link download radeonmob diatas, tapi gunakan link download ini : http://support.amd.com/us/gpudownload/windows/Pages/radeonaiw_vista64.aspx

pilih driver pada pilihan pertama yaitu :

Catalyst Software Suite 145.5 MB 12.8 8/15/2012

http://www2.ati.com/drivers/12-8_vista_win7_win8_64_dd_ccc.exe

ATAU

http://sites.amd.com/us/game/downloads/pages/radeon_win7-64.aspx

http://www2.ati.com/drivers/12-10_vista_win7_win8_64_dd_ccc_whql_net4.exe

http://www.guru3d.com/files_details/amd_catalyst_12_10_whql_download.html <<- tambahan dari agan putra 😀

silahkan download dulu semua file itu, file driver VGA agak besar jadi disarankan download dengan speedy/aha/flexi/smartfren REV. B.

jika sudah download, maka tahap berikutnya adalah instalasi.

1. lakukan uninstall driver lama pada laptop (control panel > programs & features > AMD/ATI Catalyst Install Manager > change )

2. restart laptop

3. sebelum logo boot windows muncul, tekan F8 terus untuk masuk ke SAFE MODE

4. setelah masuk safe mode, jalankan driver sweeper, pilih ati-display lalu tekan analyze.

5. setelah hasil analyze muncul, tekan clean

6. restart kembali laptop

7. setelah restart, masuk seperti biasa (BUKAN SAFE MODE) gambar pada windows akan sangat besar dan berasa menggunakan PC windows 98 yang vga nya 8 mb :p

8. jalankan CCleaner, pilih bagian registry, scan for issues setelah itu fix selected issues.

9. setelah proses clean registry selesai, install driver VGA terbaru 12.8

10. setelah itu akan diminta untuk merestart laptop, restart.

11. start, klik kanan komputer, properties.

12. jalankan ulang WEI assessment untuk mendapatkan skor yang terupdate 😀

di beberapa kasus memang ada skor yang menurun setelah update, itu karena pada saat instalasi tidak tuntas membersihkan dengan driver sweepernya.

setelah proses WEI selesai, buka catalyst control center, lihat information softwarenya.

udah versi 12.8

nikmati kembali laptop Asus A43SA dengan driver VGA yang telah terupdate 😀

84 comments on “Tutorial : Asus A43SA VGA/GPU Driver Update

  1. malem gan… gan, ada kabar terbaru buat driver versi 13 ke atas kaga? soalnya gw udah coba instal yg versi terbaru ga bisa tuh… malah ngeblank gan

    • exactly..
      terlebih lagi skrg laptop asus gw udah jebol gan di vga nya.
      kemaren bisa dibenerin sih.. cuman skrg ga bisa dipake ngegame.

      dan gw juga udah naro itu laptop buat ortu di bali so… sori banget gw ga bisa ngasi info tambahan soal update vga 😀
      skrg gw juga udah pindah ke nvidia :p

  2. gan maaf nih, saya udh baca baca soulsi dari kendala layar gelap ng blank, saya install driver 14.xx langsung blank, trus saya uninstall lagi, dan install versi yang d bawah ny (semula d install layar ga blank), tpi udh install driver yang lama tetep blank gan, ane pke asus A43s HD 6730M

  3. Pingback: Cara Update Driver Ati Radeon | Bagaimana Cara Nya

  4. Udah ada ngetes driver yg baru-baru blum? Watch Dogs perlu driver 13 keatas nih. Tolong info nya dong buat driver 13 keatas yg cocok sama laptop ini. Kepengen banget main Watch Dogs.. :/

    • Kalo dari web resmi amd semuanya masih black screen, ada link di kaskus soal driver 13 yang ga black screen, belom cobain soalnya masih sibuk sama gawean gan

      • Tapi katanya ada yang udah bisa,, Jadi penasaran. Share link nya dong.. Mau coba, siapa tau bisa buat Watch Dogs

  5. Klo udah blank screen di windows 8 cara balikinnya gmna??? Soalnya Setelah loading windows langsung blank gtu.

  6. Gan, tutorial yg 13.4 kok gk adaalias terhapus halamanny?
    Driver VGA ATI terbaru buat HD6730M ini yg kompatibel apa gan? yg 13.4 itu lancar ?

  7. Update catalyst ga ush di unninst dulu, download di suport amd, ga bisa di pause, ga keliatan persen pake idm, gapapa. habis download itu langsung instal aja ntar otomatis ngebersihin yang lalu nya

  8. gan gw uda nurutin stepnya abis instal driver baru smpek slesai,tp abis minta restart knapa layar gw jadi gelap gulita tp ada suara windowsnya….
    mohon bantuan gan

  9. gan kira-kira win 7 64 bit bisa gk diupdate drivernya ke 13.8? soalnya nfs rivals gk mau jalan klo drivernya gk 13.4 atau lebih 😀

      • gan,kan ane berhasil update ke 13.11 beta 9.4 pakai windows 8.1,tp kenapa kok tiap main game dikit2 langsung layarnya blank trus balik lagi seperti semula..,trus muncul tulisan direct x error padahal ane udah update directx..,tapi sebelumnya gk pernah gan..,pas akhir-akhir ini munculnya
        makasih

    • minta link downloadnya gan soalnya gw masih yang 12-10 beta, booting windowsnya lama, kalo pake yang dari bawaan asus engga lama, tapi grafisnya jauh lebih bagus yang 12-10 beta. tapi crysis 3 jadi gak jalan

    • hem.. 13.4 agak aneh gan, gw berhasil install 13.4 itu pake driver asus, tapi begitu cek di catalyst itu ternyata masih 12.xx

      so, sementara gw stay ama driver 12.10.

      link download yang mana nih gan?

  10. Pingback: Tutorial : Asus A43SA VGA/GPU Driver Catalyst Update (13.4) | Tweenbee's Archive

  11. gan, gue mau tanya, gue udah download driver terbaru yang 13-4, tapi cara instalnya gimana? gue uda ikuti cara di atas tp tetep ga kedeteksi drivernya.. minta saran dong
    Laptop kita sama gan..

  12. Mau tanya ni gan…
    laptop kita kayanya sama nih..Asus a43sa -vx090
    Ane mau update driver asusnya nih??
    niatnya mau pakai windows 8.. pas ane mau download di situs asusnya.. kok model a43sa cuma ada nya sampai windows 7 64bit..
    nah ane kan kepikiran,, kalau pakai drivernya asus a43sd gimana gan??

    • VGA download aja langsung dari web amd nya gan, kan udah tak kasi petunjuknya juga 😀

      tinggal ikutin petunjuk aja, di web amd setau gw pasti ada buat windows 8

  13. catalyst yg bisa cuma 12.10. catalyst 13.1 dan 13.2 beta all version masih blank screen.
    cuma mau nambahin yang ga bisa update ke 12.10 setelah mengikuti step by step dari angga mungkin salah download, diliat bner ada tulisan “mobility” nya ga?? soalnya asus a43sa pake 6730 M “mobility”. kalau ga ada mobiltynya ga bisa.

  14. wah gan saya gagal terus, saya pake win 8 64 bit, dan udah pake yg 13,1 trus 12,10 gagal jg, padahal sya udh yakin smua ny udah bener, dan skrg laptop saya layarny gede trus –“

    • driver bawaan laptop versi brp?

      soalnya kadang beda sama yang ada di web amd nya… ini aja asus a43sa pake windows 7 mentok di 12.10.

      satu lagi.. gw belom pernah eksperimen di windows 8 gan..

      kalo ga ada pilihan ati display, amd ada gak?

  15. Gan saya udah ngelakuin semua yg diatas, windows saya skrg WIndows 8 64 bit, pas saya download udah v. 13,1 nah pas saya pakai Driver Sweeper itu dia gak ada pilihan Ati Display, tpi Amd Display, tpi tetep ane Analyze – Clean. Nah setelah masuk Normal Mode, Ccleaner terus instal driverny, muncul pemberitahuan Finish. Tpi tetep aj gak ada perubahan gan, gak detect.

    Akhirnya ane Restore deh, terus ane coba timpa aja (gak d uninstall) gak tau sih berhasil atau gak, tpi pas nyobain main NFS Most Wanted udh gak patah2 lagi.

  16. gan kenapa pas ane instal driver amd di win xp 64bit, vga ma driver g kedetek n ga ad catalistnya pas right klik d tampilan desktop ?
    spec:
    core i3 2330m
    amd 6730m
    2gb ddr3
    640gb HDD

    plis help gan

  17. Bro, now im using 12.9 driver, did you try the newest one 13.1 amd driver? i tried it but it doesn’t work. im stressed -.-

  18. Gan, gw udah follow semua step & instal versi 12-10 tapi layar gw masih gede kaya win 98. Mau ganti resolusi paling gede ya 1024×768 ada solusinya ga?

  19. permisi,mw bantuin agan” yg mw update catalyst yg versi 12.10 khususnya untk radeon HD6730M,coba ikuti cara nie
    buka link ni”http://www.guru3d.com/files_details/amd_catalyst_12_10_whql_download.html”
    download yg versi AMD Catalyst Mobility 12.10 Win 8 | Win 7 | Vista (64-bit/32 bit)
    trus clean install dech kxk yg di jelassin sma Agan Angga!!udh gw coba & work di lapiie ane Gan
    asus a43sa
    core i3
    ram 6gb
    radeon hd6730m
    hdd 640gb
    win 7 ultimate sp 1

    wassalamm….

  20. gan, gw udah coba cara idatas, tapi kok dia ga mau nginstall apa2 ya catalystnya, malah ga nginstall driver sama sekali, pake versi yang paling baru si emang bukan yang 12.8

Leave a comment